Implementasi Pada Grafik Komputer, Pengolahan Citra dan Game Technology
05.23
PertamaX Team
,
0 Comments
Dikalangan pelajar mupun mahasiswa pastinya pernah bermain game, ada yang game online maupun game ofline.game juga dapat diklasifikasikan berikut klasifikasi game berdasarkan jenis ‘platform’ :
- Arcade games, yaitu yang sering disebut ding-dong di Indonesia, biasanya berada di daerah / tempat khusus dan memiliki box atau mesin yang memang khusus di design untuk jenis video games tertentu dan tidak jarang bahkan memiliki fitur yang dapat membuat pemainnya lebih merasa “masuk” dan “menikmati”, seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil.
- PC Games , yaitu video game yang dimainkan menggunakan Personal Computers.
- Console games, yaitu video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360, dan Nintendo Wii.
- Handheld games, yaitu yang dimainkan di console khusus video game yang dapat dibawa kemana-mana, contoh Nintendo DS dan Sony PSP.
- Mobile games, yaitu yang dapat dimainkan atau khusus untuk mobile phone
2D (two dimension)
Game dua dimensi dapat diketahui berdasarkan ruangnya yang hanya memiliki dua sisi ( X dan Y). Sedangkan untuk gambarnya sendiri dapat menggunakan Vector maupun Bitmap. Untuk membuat animasi bergerak (berjalan,melompat,berlari,dll) kita harus membuat gambar satu persatu yang disebut dengan(frame).
Kerealisasian gerakan ditentukan dari gambar yang dibuat, jumlah gambar(frame) yang digunakan, serta hitungan gambar per detik (frame per second ( semakin tinggi hitungan gambar per detik maka semakin mulus gerakan yang akan dihasilkan)). Bagi pemula sebaiknya mencoba untuk membuat game bertipe 2D terlebih dahulu.
3D (three dimension)
Kerealisasian gerakan ditentukan dari gambar yang dibuat, jumlah gambar(frame) yang digunakan, serta hitungan gambar per detik (frame per second ( semakin tinggi hitungan gambar per detik maka semakin mulus gerakan yang akan dihasilkan)). Bagi pemula sebaiknya mencoba untuk membuat game bertipe 2D terlebih dahulu.
3D (three dimension)
Sama dengan dua dimensi , game bertipe ini dapat diketahui berdasarkan ruangnya , hanya saja dalam 2D hanya ada 2 sisi (X,Y), dalam game 3D anda akan menemui tiga sisi (X,Y,Z).
Game bertipe ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan:
3d object/model
ini merupakan model/ object 3 dimensi yang nantinya akan anda jadikan sebagai karakter utama, bangunan, object-object seperti senjata,musuh, permukaan tanah ,pohon, bukit,dll. Object 3d seperti ini bisa anda buat dengan menggunakan program seperti “3D S.Max”,”Maya”,”Hash”,dll
2d graphic
gambar 2d juga berperan dalam membuat game bertipe 3D fungsi gambar 2d antara lain:
2d graphic
gambar 2d juga berperan dalam membuat game bertipe 3D fungsi gambar 2d antara lain:
- sebagai texture untuk object
- sebagai latar belakang ( langit , pemandangan,dll)
- sebagai meteran untuk nyawa , gambar untuk speedometer (untuk game racing), dll.
TEKNOLOGI DALAM PEMBUTAN GAME MELIPUTI:
Program-program untuk membuat game ada bermacam-macam.
Mari kita bahas satu persatu:
Program-program untuk membuat game ada bermacam-macam.
Mari kita bahas satu persatu:
Game maker
Developer:Mark Overmars
Difficulty: Easy-Intermediate
Game maker merupakan suatu program yang bisa dikatakan cukup simple dan mudah untuk digunakan.Dengan program ini anda dapat menciptakan game jenis apa saja yang anda inginkan seperti: racing,action,fighting,rpg,adventure,puzzle,tactic,simulation,dll.
Developer:Mark Overmars
Difficulty: Easy-Intermediate
Game maker merupakan suatu program yang bisa dikatakan cukup simple dan mudah untuk digunakan.Dengan program ini anda dapat menciptakan game jenis apa saja yang anda inginkan seperti: racing,action,fighting,rpg,adventure,puzzle,tactic,simulation,dll.
Program ini lebih focus pada game berjenis 2D tetapi program ini juga menyediakan feature yang memungkinkan anda untuk membuat game jenis 3D ,namun anda tidak bisa membuat game sekelas “Halo”, ”Empire Earth”, “Need for Speed”, dengan program ini.Karena feature 3D yang diberikan hanya untuk membuat game 3D yang sederhana.
Script yang dipakai adalah GML (Game Maker Language) yang juga bisa dipadukan dengan programming language seperti Delphi,C,dan sebagainya,hal ini bisa dilakukan dalam kapasitas penggunaan DLL (Dynamic Link Library,berupa semacam plugin yang mengandung fungsi-fungsi yang tidak dimiliki oleh GameMaker)
RPG MAKER(R.M)
Developer: Enterbrain
Difficulty: Easy
R.M merupakan program yang difokuskan untuk membuat game bertipe R.P.G (Role Playing Game).Program ini bisa dikatakan cukup mudah untuk dipahami, karena dilengkapi dengan tools-tools yang bisa dibilang tidak terlalu rumit.
Developer: Enterbrain
Difficulty: Easy
R.M merupakan program yang difokuskan untuk membuat game bertipe R.P.G (Role Playing Game).Program ini bisa dikatakan cukup mudah untuk dipahami, karena dilengkapi dengan tools-tools yang bisa dibilang tidak terlalu rumit.
Umumnya banyak orang-orang yang mulai membuat game karena kecintaanya dengan dunia R.P.G , Misalkan setelah bermain “Suikoden “ atau “Final Fantasy”,seseorang merasa ingin membuat game R.P.G. serupa. mungkin anda salah satu dari orang –orang itu, jadi anda bisa mulai mencari program ini. Sebab dengan program ini anda dapat membuat game R.P.G sebebas-bebas mungkin .
Script yang dipakai dalam RPGmaker XP adalah RGSS (Ruby Game Scripting System,sebuah system script turunan dari bahasa Ruby),sementara untuk RPGmaker terbaru (RPGmaker VX) yang dipakai adalah pengembangan dari RGSS,yaitu RGSS2.
AGS adalah program yang khusus untuk membuat game bertipe “point and click”. Mungkin sebagian dari anda ada yang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan “point and click”.Point and click adalah jenis game yang umumnya bertipe adventure atau puzzle. Game bertipe ini dimainkan dengan menggunakan mouse sebagai penentu arah bagi karakter, game bertipe ini sendiri sempat meledak dan mengalahkan game console “Atari”, ketika awal kebangkitan game PC.
Contoh –contoh game bertipe point and click adalah:
Clock Tower ( playstation one), Broken Sword, Monkey Island ,Day of the Tentacle.Jadi bagi anda yang penasaran atau hobi membuat cerita petualangan atau fiksi ilmiah dan ingin membuat cerita tsb menjadi game , anda bisa menggunakan program ini.
Macromedia Flash
- MED (Model Editor) – Program yang berfungsi sebagai editor model bagi 3D Game Studio
- SED (Script Editor) – Sebagai pengolah script dalam 3D Game Studio,script standar yang dipakai adalah C-Script dan Lite C.
- WED (Level Editor) – Sebagai pengolah level/area permainan bagi 3D Game Studio.
LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN GAME
Dalam membuat game kita harus memahami konsep dari game yang akan kita buat.Tidak mungkin kita membuat game tanpa ada konsep ibarat membabi buta.Konsep merupakan bagian yang paling penting, sebab disinilah anda menentukan game apa yang anda ingin buat , R.P.G. , Adventure , Action, atau apa?
Setelah pembuatan konsep kita akan mengikuti langkah-langkah selanjutnya , tergantung dari game yang akan dibuat , game 2D sederhana, game 2D besar, game 3d sederhana, atau game 3d besar.Anda dapat melihat bagan konsep dibawah ini.
Keterkaitan Pengolahan citra dan grafik komputer pada game teknologi Suatu metode yang digunakan untuk mengolah gambar sehingga mengasilkan gambar yang sesuai dengan keinginan kita dinamakan pengolahan citra. Pengambilan gambar bisa dilakukan dengan menggunakan kamera atau alat lain yang bias digunakan untuk mentransfer gambar misalnya scanner atau kamera digital. Bahasan kali ini berfokus pada pengambilan gambar menggunakan web kamera. Sehingga citra yang dihasilkan sudah berbentuk sinyal digital dan mudah dikenali atau dibaca oleh komputer. Citra digital adalah citra kontinyu yang sudah didiskritkan baik koordinat spasial maupun kecerahannya. Citra digital dianggap matrik dengan ukuran MxN dimana baris dan kolom menunjukkan titik-titiknya.Citra berwarna menggunakan metode RGB. Ketika kita melakukan proses pengolahan citra diperlukan suatu pengenalan pola, bertujuan untuk mengenali objek-objek yang terdapat suatu citra dapat mengambil informasi yang terdapat di citra tersebut. Pengolahan citra dan pengenalan pola merupakan suatu keterkaitan, agar suatu citra dapat dimengerti dan dikenali. Data-data yang diproses dalam pengolahan citra dapat diambil menggunakan camera dan handycam dan tidak selalu dalam bentuk data digital. Peningkatan citra sangatlah dibutuhkan, untuk meningkatkan kualitas suatu citra itu sendiri. Dan pengolahan citra selanjutnya adalah segmentasi citra, yaitu memisahkan atau memilih objek-objek dari keseluruhan citra. Sedangkan Grafika computer Merupakan bagian ilmu komputer yang memiliki keterkaitan yang kuat untuk memanipulasi ataupun pembuatan visual secara digital yang juga dapat diartikan sebagai seperangkat hardware dan software untuk membuat game komputer, foto, film animasi, gambar, grafik atau citra realistic untuk seni. Grafika computer mempunyai beberapa bagian, diantaranya : Geometri, Animasi, Rendering, Citra. Menurut Agustinus Nilwan dalam bukunya “Pemrograman Animasi dan Game Profesional” terbitan Elex Media Komputindo, game merupakan permainan komputer yang dibuat dengan teknik dan metode animasi. Jika ingin mendalami pengunaan animasi haruslah memahami pembuatan game. Atau jika ingin membuat game, maka haruslah memahami teknik dan metode animasi, sebab keduanya saling berkaitan. Game saat ini tidak seperti game terdahulu, jika dahulu game hanya bisa maksimal dimainkan dua orang, sekarang dengan kemajuan teknologi terutama jaringan internet, game bisa dimainkan 100 orang lebih sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Walaupun game ditujukan untuk anak-anak, tidak sedikit pula orang dewasa kerap memainkannya bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai pekerjaan dan mendapat penghasilan dari bermain game. Jadi dalam pembuatan suatu game sangat berkaitan dengan grafik dan pengolahan citra yang baik dan benar agar dapat game yang kita buat lebih sempurna dan mendapatkan hasil yang maksimal oleh sebab itu kita harus memperhatikan hubungannya satu dengan yang lain.
Sumber:
http://tutorialkuliah.blogspot.com/2009/05/dasar-dasar-teori- permainangame.html
http://www.indomanga.com/index.php?topic=1314.0
Nama Kelompok:
- Arif Anggriawan (34109835)
- Fardiansyah Nurhakim (36109454
- Mizwar Badawi (32109369)
- Raden Fandy Fariza (34109324)
- Wahyu Muslimin (34109475)
- Wahyu Muslimin (34109475)
- Wawan Nurjuniawan (34109619)
0 Response to "Implementasi Pada Grafik Komputer, Pengolahan Citra dan Game Technology"
Posting Komentar